Friday, February 4, 2011

Julian Assange dan WikiLeaks



mungkin kalau gw sebut "Julian Assange", masih sedikit orang yang tahu siapa dia. Tapi kalau gw sebut "WikiLeaks", semua orang pasti tahu. Yang ga tau pasti ga pernah baca koran. Photobucket
Yep, Julian Assange merupakan pendiri dari situs paling kontroversial nomor satu di dunia itu. Di kesempatan kali ini, saya mau mencoba membagikan sedikit informasi tentang orang hebat yang satu ini.

Julian Assange, ia lahir dari keluarga yang biasa - biasa saja. Bahkan, masa kecilnya bisa dibilang suram. Ayah dan ibunya merupakan musisi yang menjalankan tur teater, sehingga mau tak mau ia harus sering berpindah - pindah. Ia memiliki anak pada umur 18 tahun, tetapi harus dibawa oleh polisi dan kemudia berpisah dengan istrinya. Miris bukan ?
Sampai sini, tidak ada sesuatu hal yang spesial dalam diri beliau. Tetapi, ternyata Julian Assange merupakan seorang pribadi yang cerdas.
  1. Ia merupakan hacker professional yang pernah membobol perusahaan besar di umur 20 tahun.
  2. Beliau pernah belajar fisika, matematika, filosofi dan neurosains di ENAM universitas berbeda. Photobucket
  3. Beliau merupakan seorang aktivis sosial yang giat mulai dari bidang perlindungan anak hingga hak asasi.
dan yang terakhir tentu saja, semua orang salut atas idenya mendirikan WikiLeaks. Walau, beberapa pihak mengecam dengan keras pendirian situs ini.
WikiLeaks didirikan pada tahun 2006 dan berpusat di Swedia. Link-nya dapat kalian buka dengan klik di sini.

"WikiLeaks is a non-profit media organization dedicated to bringing important news and information to the public. We provide an innovative, secure and anonymous way for independent sources around the world to leak information to our journalists. We publish material of ethical, political and historical significance while keeping the identity of our sources anonymous, thus providing a universal way for the revealing of suppressed and censored injustices."
Di atas merupakan kutipan dari situs WikiLeaks yang mendeskripsikan secara singkat tentang apa situs tersebut.

Julian Assange begitu pula dengan situsnya telah memenangkan bermacam-macam penghargaan, yang membuat namanya tenar sebagai salah satu lelaki yang paling "berbahaya" di dunia.
Tetapi saya secara pribadi, salut atas pribadi beliau. Karena itu, saya secara khusus mendedikasikan posting singkat ini untuk membahas tentang Julian Assange dan situsnya.



Regards
SpencerJr
Photobucket

No comments:

Post a Comment